-->

Iklan Billboard 970x250

Kartu Grafis GeForce RTX 3080 Ti Terbaik - Mana Yang Harus Dibeli?

Iklan 728x90

Kartu Grafis GeForce RTX 3080 Ti Terbaik - Mana Yang Harus Dibeli?

 Ini Q4, dan beberapa harga kartu grafis telah meningkat sementara beberapa tidak. Kami telah melihat penjualan RTX 3090 Ti untuk MSRP, tapi menurut saya GeForce RTX 3080 Ti masih (salah satu) yang terbaik untuk kartu grafis kelas atas. Meskipun demikian, beberapa RTX 3080 (non-Ti) terbaik juga baik-baik saja. GeForce RTX 3080 Ti adalah versi yang lebih murah dari RTX 3090. Saat ini, kartu RTX 4090 dijual di atas $2.000, sayangnya, melebihi MSRP-nya. Jadi, jika Anda di pasar bertanya-tanya RTX 3080 Ti mana yang harus Anda dapatkan, kami mencantumkan di sini beberapa kartu grafis RTX 3080 Ti terbaik di pasar.

UPDATE: Perhatikan bahwa mulai 17 September 2022, EVGA telah mengumumkan bahwa mereka tidak akan lagi bekerja dengan NVIDIA, dan segera mengakhiri kemitraan tersebut. Mereka akan terus mendukung dan menjual kartu seri RTX 30 hingga semua stoknya terjual. EVGA juga akan menyimpan suku cadang untuk tujuan penggantian dan garansi. Setelah semua dikonsumsi, mereka selesai dengan urusan kartu grafis.

Kartu Grafis GeForce RTX 3080 Ti Terbaik - Mana Yang Harus Dibeli?


Kartu Grafis RTX 3080 Ti Terbaik Hari Ini

Semua kartu grafis GeForce RTX 3080 Ti di pasaran ditenagai dengan GPU 8nm GA102 yang sama berdasarkan arsitektur Ampere. Ini memiliki 10240 inti CUDA, 320 TMU, 112 ROP, dan memori GDDR6X 12GB yang berjalan pada antarmuka memori 384-bit. Ini semua umum untuk semua kartu grafis RTX 3080 Ti.

Perbedaan utama terletak pada desain yang lebih dingin dan desain PCB. Beberapa AIB mengiklankan atau menyoroti peningkatan kecepatan jam kartu grafis mereka. Namun pada akhirnya, semuanya akan meningkat lebih tinggi berkat teknologi NVIDIA Boost. Kartu grafis hanya membutuhkan daya yang cukup dan pendinginan yang cukup untuk menjaga suhu GPU. Dengan kondisi yang terpenuhi, GPU pada akhirnya akan meningkat lebih tinggi.

Di bawah ini adalah ringkasan dari semua kartu grafis yang disebutkan dalam daftar ini. Itu dalam urutan abjad. Nanti di artikel ini, saya akan mengkategorikannya menurut fitur (unik) mereka. Saya juga akan menunjukkan beberapa angka performa dan menjawab beberapa pertanyaan umum terkait GPU RTX 3080 Ti.


Performa GeForce RTX 3080 Ti

Untuk memberi gambaran seberapa cepat RTX 3080 Ti, berikut adalah beberapa tolok ukur performa pada resolusi 4K dengan preset grafis maksimum atau ultra. Perhatikan bahwa beberapa RTX 3080 Ti akan bekerja sedikit lebih cepat daripada yang lain, dan beberapa akan sedikit lebih lambat. 

Pendinginan GPU, daya, dan lotre silikon juga berperan. Namun pada akhirnya, semua kartu RTX 3080 Ti akan bekerja dalam rentang performa yang sama. Sebagian besar waktu, perbedaannya minimal dan dapat diabaikan. NVIDIA mengontrol kinerja GPU ini.


Apa RTX 3080 Ti yang memiliki performa pendingin terbaik dan terbaik?

Dari daftar tersebut, Asus ROG Strix LC dan EVGA XC3 Ultra Hybrid pastinya memiliki solusi pendinginan yang lebih baik. GPU berpendingin cairan, sedangkan komponen lainnya berpendingin udara.

Sayangnya, harganya mahal dibandingkan dengan RTX 3080 Ti berpendingin udara. Kabar baiknya adalah, sebagian besar RTX 3080 Ti dengan sistem pendingin tri-kipas akan menawarkan performa pendinginan yang cukup hingga sangat baik.


Apa RTX 3080 Ti yang tercepat?

Di luar kotak, Asus ROG Strix LC RTX 3080 Ti, EVGA RTX 3080 Ti FTW3 dan MSI RTX 3080 Ti SUPRIM X memiliki kecepatan clock boost yang lebih tinggi atau lebih cepat. Mereka datang dengan pengaturan overclock pabrik.

Tapi seperti yang saya sebutkan sebelumnya jika kartu grafis memiliki daya yang cukup dan GPU cukup dingin, pada akhirnya akan meningkat lebih tinggi. MSI Suprim X saya dapat mencapai sekitar ~2.000MHz(+/-) tanpa penyesuaian tambahan atau overclocking manual.


Apakah layak membeli kartu grafis RTX 3080 Ti yang mahal?

Iya dan tidak. Itu tergantung pada bagaimana Anda mendefinisikan "nilai". Beberapa orang boleh menghabiskan lebih banyak uang untuk desain, penampilan, dan estetika. Tetapi bahkan RTX 3080 Ti berpendingin cairan tidak akan bekerja jauh lebih baik dibandingkan dengan RTX 3080 Ti berpendingin udara.

Pastinya akan memiliki keuntungan karena memiliki solusi pendinginan yang lebih baik. Tetapi apakah itu layak untuk Anda?

Sebagian besar waktu, bahkan RTX 3080 Ti yang paling sederhana, seperti NVIDIA RTX 3080 Ti Founders Edition sudah cukup.


Apa CPU terbaik untuk RTX 3080 Ti?

Secara umum, Anda dapat memasangkan RTX 3080 Ti dengan CPU apa pun. Tetapi jika Anda menggunakan CPU yang lebih lambat atau tingkat pemula, kinerjanya mungkin buruk. Jadi, karena Anda bersedia menghabiskan ribuan dolar untuk RTX 3080 Ti, sebaiknya jangan berhemat pada CPU.

Saya akan merekomendasikan AMD Ryzen 9 5950X, 5900X, atau Ryzen 7 5800X. Untuk Intel, CPU Intel Core Generasi ke-12 terbaru, seperti Inti i9-12900(K/P) dan Inti i7-12700(K/ F) saat ini adalah beberapa yang terbaik di pasar, terutama di game.

CPU generasi ke-10 dan ke-11 yang lebih lama juga tidak buruk. Tetapi jika Anda sedang membangun sistem baru, saya sarankan Anda beralih ke CPU Intel Generasi ke-12 terbaru karena perbedaan kinerja dari pendahulunya sangat besar.


Haruskah saya membeli RTX 3080 Ti jika saya memiliki monitor 1080p?

Tidak, pasti tidak! Sama seperti yang kami alami pada ulasan RTX 3080 kami, GPU mengalami hambatan oleh resolusi 1080p. Ada beberapa kinerja yang tersisa di atas meja dan itu tidak dirancang untuk resolusi yang lebih rendah.


Apa monitor terbaik untuk RTX 3080 Ti?

4K (2160p) dan 2K (1440p) akan menjadi resolusi ideal untuk RTX 3080 Ti. Anda dapat melihat artikel kami tentang monitor gaming 4K terbaik di sini.


Jadi, RTX 3080 Ti mana yang harus saya dapatkan?

Kartu grafis RTX 3080 Ti yang tercantum di sini semuanya bagus. Terserah Anda mana yang Anda sukai dan berdasarkan anggaran Anda.

RTX 3080 Ti FTW3 Ultra Gaming dari EVGA adalah monster lain dari kartu grafis. Ini menawarkan pengaturan overclock pabrik yang lebih tinggi dan heatsink aluminium yang tebal dan besar untuk mendinginkan GPU dan VRAM. Heatsink didinginkan oleh tiga kipas dan terdapat pencahayaan RGB di bagian sisi depan.


Asus ROG Strix GeForce RTX 3080 Ti Edisi OC

Selain kartu grafis EVGA FTW3 Ultra, seri ROG Strix dari Asus juga merupakan kartu grafis yang populer. Dan Asus ROG Strix GeForce RTX 3080 Ti OC Edition tidak bungkuk dalam hal menjadi salah satu kartu 3080 Ti terbaik di pasar. Ini memiliki desain 2.9-slot, dengan tiga desain kipas Axial-tech, pencahayaan RGB yang terlihat bagus, dan estetika sederhana headturner. Ini juga terasa premium dan solusi pendinginannya cukup efektif.


MSI GeForce RTX 3080TI SUPRIM X 12G

Sama seperti EVGA FTW3, MSI RTX 3080 Ti SUPRIM X juga merupakan kartu grafis yang luar biasa. Ini juga membutuhkan tiga konektor daya 8-pin dan fitur desain daya 20 fase. Ada sakelar di dekat konektor daya yang beralih antara mode "senyap" dan "permainan". Terakhir, ia memiliki beberapa pencahayaan RGB dan kartu ini juga terasa berat dan premium.


Edisi Pendiri NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti

NVIDIA GeForce RTX 3080 Ti Founders Edition adalah salah satu RTX 3080 Ti terbaik di pasaran. Tidak hanya itu datang dengan harga dasar, tetapi juga terlihat profesional, ramping, dan bersih. Desain flow-through sangat baik untuk mendinginkan GPU dan komponen lainnya. Seperti yang diharapkan dari Edisi Pendiri, memang terasa premium.


Gigabyte Aorus GeForce RTX 3080 Ti Master 12G

Ini jelas merupakan RTX 3080 Ti "paling tebal" dalam daftar ini. Aorus RTX 3080 Ti Master memiliki tiga kipas, dengan kipas tengah berputar berlawanan arah. Ini juga memiliki pencahayaan RGB, tetapi fitur unik dari RTX 3080 Ti Master adalah dual BIOS-nya, enam port output, dan layar LCD (mini) di bagian sisi depan belakang. Selain menampilkan suhu GPU, pengguna dapat mengunggah GIF dan menyesuaikan apa yang akan ditampilkan di layar.


Juga Alternatif Kartu Grafis RTX 3080 Ti yang Baik

Di bawah ini adalah lebih banyak kartu grafis RTX 3080 Ti yang tidak semewah kartu yang disebutkan di atas, tetapi umumnya lebih murah dan merupakan opsi yang bagus juga. Ketiga fitur ini memiliki solusi pendinginan tri-kipas dan berfungsi seperti yang diharapkan. Gigabyte Vision adalah satu-satunya kartu yang berbeda di sini karena memiliki skema warna serba putih. Pilih saja mana yang lebih Anda sukai dalam hal estetika.


RTX 3080 Ti Terbaik dengan Pencahayaan Tanpa (RGB).

Maklum, tidak semua dari kita adalah penggemar pencahayaan RGB. Beberapa pengguna sama sekali tidak menyukai pencahayaan RGB atau jenis pencahayaan apa pun. Meskipun Anda dapat menonaktifkan pencahayaan RGB pada kartu grafis yang disebutkan di atas, berikut tiga RTX 3080 Ti yang tidak memiliki pencahayaan RGB.

Satu-satunya pengecualian adalah dengan Asus TUF RTX 3080 Ti karena logo TUF di bagian belakang memiliki pencahayaan RBG kecil. Namun demikian, semua kartu ini menampilkan skema warna serba hitam.


Kartu Grafis RTX 3080 Ti Pendingin Air Terbaik

Bagi mereka yang tidak keberatan menghabiskan lebih banyak uang, tidak ada masalah, dan hanya menginginkan RTX 3080 Ti yang paling keren dan berperforma terbaik, kedua RTX 3080 Ti berpendingin cairan ini bisa menjadi pilihan Anda.


ASUS ROG Strix LC GeForce RTX 3080 Ti Edisi OC Gaming

Asus ROG Strix LC RTX 3080 Ti OC menghadirkan solusi pendinginan hybrid. GPU-nya didinginkan oleh radiator 240mm dan tabung yang menghubungkan radiator dan pelat tembaga GPU sepanjang 560mm. Ini juga memiliki pencahayaan RGB pada kipas dan pada kartu grafis itu sendiri. Selain pendingin cair, ada kipas tipe blower yang mendinginkan heatsink aluminium yang bersentuhan dengan VRM dan komponen lainnya.


EVGA GeForce RTX 3080 Ti XC3 Ultra Hybrid Gaming

RTX 3080 Ti XC3 Ultra Hybrid EVGA agak mirip dengan ROG Strix LC dari Asus. Tapi XC3 Ultra Hybrid tidak memiliki pencahayaan RGB head-turner. Hanya logo di samping dan di belakang yang memiliki pencahayaan RGB. Ini umumnya memiliki estetika serba hitam, termasuk dua kipas 120mm yang mendinginkan radiator.

Dan tidak seperti Asus RTX 3080 Ti berpendingin cairan, EVGA RTX 3080 Ti XC3 Ultra Hybrid hanya menempati dua slot PCI dan hanya membutuhkan dua konektor daya PCIe 8-pin.

Itu dia, menurut Anda kartu grafis RTX 3080 Ti mana yang terbaik untuk kasus penggunaan Anda? Jika menurut Anda RTX 3080 Ti terlalu mahal dan di luar anggaran Anda, mungkin Anda tertarik untuk mencoba beberapa kartu grafis RTX 3080 terbaik sebagai gantinya. Di sisi lain, Radeon RX 6900 XT andalan AMD juga merupakan kartu grafis berkemampuan 4K, belum lagi lebih murah dari RTX 3080 Ti. Lihat beberapa kartu RX 6900 XT terbaik di sini.

Baca Juga
SHARE
Subscribe to get free updates

Related Posts

Posting Komentar

Iklan Tengah Post